Selasa, 22 November 2011

BIDANG EKONOMI


1.     UP2K

UP2K adalah program pemberdayaan ekonomi keluarga yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan cara memberdayakan potensi usaha yang dimiliki keluarga dan sasaran utamanya adalah kaum perempuan dan remaja perempuan.
Di RW.02 terdapat 1 kelompok UP2K dengan jumlah peserta sebanyak 5 orang dan bergerak dibidang usaha produksi sandal boneka, dalam rangka pelaksanaan program RW binaan, maka telah dilaksanakan beberapa upaya untuk membina kelompok UP2K tersebut, yaitu mengikutsertakan kelompok UP2K dalam kegiatan bazar maupun pameran dalam rangka promosi sekaligus membuka akses pemasaran.


2.     Budidaya Lele dan ikan hias

Banyaknya lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara optimal merupakan salah satu potensi wilayah RW.02 Apabila lahan kosong dimanfaatkan secara optimal tentunya dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut maka dalam melaksanakan program RW binaan di RW.02, salah satu fokus kegiatannya adalah pemanfaatan lahan kosong secara optimal.
Kegiatan pemanfaatan lahan kosong yang dikembangkan di RW.02 adalah Budidaya Lele dan ikan hias. Budidaya lele dan ikan hias berlokasi di komplek DHI RW.02, di sebidang tanah kosong seluas kurang lebih .......M2 yang dipinjamkan oleh PT DHI (Duta Harapan Indah). Budidaya lele dan ikan hias dikelola oleh 20 orang generasi muda yang telah mendapatkan pelatihan budidaya lele dan ikan hias.
Kelompok budidaya lele dan ikan hias menjalin kemitraan dengan Posyandu yang ada di RW.02 yaitu setiap kegiatan pemberian makanan tambahan bagi balita di Posyandu memberikan secara gratis untuk kegiatan posyandu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar